Bawaslu Kabupaten Waropen Diseminasikan Pengawasan Pemilu Kepada Personil Polres Waropen


NEWS – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Waropen. hadir sebagai narasumber dalam kegiatan “Latihan Praoperasi Mantap Brata Cartenz 2023-2024 yang diselenggarakan oleh Polres Waropen pada Selasa (24/10/23) di Aula Kerja Bersama Polres Waropen. Kegiatan ini mengusung tema, Melalui Pelatihan Praoperasi Mantap Brata Cartenz 2023-2024 Polres Waropen, Kita Tingkatkan Profesionalisme Personil Polres Waropen Pada Pengamanan Pemilu 2023-2024 di Wilayah Hukum Polres Waropen.

Koordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas ALFRED K REFASI,SP Bersama-sama dengan HERI MBAUBEDARI,S.IP Koordiv Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Waropen, dalam kegiatan ini mereka memaparkan materi terkait Pengawasan Pemilu.

ALFRED REFASI memaparkan trend Rencana Tindak Lanjut Rakornas Pencegahan dan Persiapan Pengawasan Kampanye Pemilu. Trend Meningkatkan fokus pengawasan terhadap kerawanan dalam tahapan kampanye seperti politik uang, netralitas pejabat negara, politisasi SARA, hoaks, ujaran kebencian, kampanye hitam, pelibatan anak di bawah umur dalam kampanye, dan pelaksanaan kampanye di luar jadwal kampanye.

Di sisi lain, ALFRED juga menjelaskan Indeks Melakukan patrol pengawasan baik secara daring maupun luring pada masa kampanye dan masa tenang dan meningkatkan efektivitas Pengawasan, Pencegahan serta penanganan pelanggaran kampanye.

Dalam kesempatan ini , “ HERI MBAUBEDARI menjelaskan mengenai Laporan dugaan pelanggaran Pemilu harus memenuhi syarat formal dan materiil. Syarat formalnya adalah terdapat nama dan alamat terlapor, pihak terlapor dan waktu penyampaian yang tidak melebihi batas waktu. Sedangkan syarat materiil adalah waktu dan tempat kejadian dugaan pelanggaran pemilu, uraian kejadian, dan bukti,” terang Koordiv Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Waropen tersebut.

Lebih lanjut HERI juga menjelaskan bahwa apabila sebuah laporan dugaan pelanggaran Pemilu telah lengkap syarat materiilnya namun belum memenuhi syarat formil maka laporan tersebut tidak dapat diterima. Namun, laporan tersebut dapat menjadi informasi awal. Informasi Awal ini kemudian di-plenokan oleh Bawaslu untuk menetapkan apakah akan ditindaklanjuti dengan penelusuran atau tidak. Jika ditindaklanjuti dengan penelusuran maka penelusuran dilakukan dengan dasar Perbawaslu 5 tahun 2022 tentang Pengawasan Pemilihan Umum.

Tak lupa dalam penyampaiannya Kabag OPS Polres Waropen AKP. SAFREDO FENANLAMPIR,S.Sos sangat mengapresiasi Bawaslu Kabupaten Waropen dalam kerja-kerja kelembagaannya serta membantu Pengamanan penuh terhadap Bawaslu Kabupaten Waropen dalam mengawasi proses Pemilu tahun 2024. Iya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Bawaslu yang mana telah hadir sebagai narasumber dalam kegiatan “Latihan Praoperasi Mantap Brata Cartenz 2023-2024.

 

Jurnalis & Editor : Mahendra

Posted in NEWS

Berita Terkait

Top