PENINGKATAN KAPASITAS SDM PANWASLU DISTRIK SE-KABUPATEN WAROPEN


NEWS – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Waropen, meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Panwaslu Distrik se-Kabupaten Waropen, melalui bimbingan teknis Bimtek di Aula Hotel Marpati Kampung Paradoi Distrik Urei Faisei setempat, Sabtu (25/3/2023). Bimtek itu dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Waropen, MARICE A NIKI,SE.

Dalam sambutannya, MARICE A NIKI. menyampaikan kegiatan tersebut diikuti Ketua dan Anggota, oleh Seluruh Panwaslu Distrik se-Kabupaten Waropen. Dikatakan, dalam rangka mewujudkan Pemilu yang berintegritas dan berkualitas, Panwaslu Distrik wajib memahami tugas pokok dan fungsi pengawas Pemilu yang meliputi tiga aspek, yaitu Cegah, Awasi, dan Tindak. “Pengawas pemilu harus memperkuat solidaritas, integritas, mentalitas, dan profesionalitas dalam bekerja,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Waropen, MARICE A NIKI,SE mengatakan dalam materinya bahwa untuk mewujudkan SDM yang baik perlu adanya sikap dan pemahaman idealnya harus lebih tahu, terkait tugas yang harus dilaksanakan saat melakukan pengawasan.

Tak lupa MARICE, mengatakan dalam Materi Tersebut  Panwaslu Distrik se-Kabupaten Waropen harus terus mengasah kemampuannya dalam memahami undang undang Pemilu Nomor 7 tahun 2017, Peraturan KPU (PKPU), dan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu).

Lebih lanjut dikatakan, JENI RACHEL MAYOR,SE selaku Komisioner Bawaslu Kabupaten Waropen Kordiv Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas. Di samping profesional dalam pengawasan di lapangan Panwaslu Distrik juga dituntut pula profesional dalam hal membuat laporan hasil pengawasan, yang dituangkan dalam alat kerja pengawasan (AKP) dan Formulir A Pengawasan”, tegasnya.  

Sementara itu Konsultan dan Trainer, MARICE A NIKI sesi terakhir mengupas tentang harmonisasi oraganisasi Panwaslu Distrik.

Ia menyampaikan filosofi kemitraan antara Panwaslu Distrik dengan stakeholder terlihat dengan adanya kedudukan yang sejajar diantara bermitra, adanya kepentingan bersama yang ingin dicapai, adanya prinsip saling menghormati dan adanya niat baik untuk membantu dan saling mengingatkan.

“Kunci harmonisasi organisasi Panwaslu Distrik adalah paham akan tugas, wewenang, dan tanggung jawab, kemudian jaga komunikasi, saling percaya, membangun harmonisasi atau keselarasan dalam mengoptimalkan kinerja dan hindari konflik sesama anggota Panwaslu  dan yang berhubungan langsung,” tutupnya.

 

Jurnalis & Editor : Humas Bawaslu Waropen

Posted in NEWS

Berita Terkait

Top