Tingkatkan pengelolaan JDIH, Bawaslu Kabupaten Waropen Ikuti Rakernis Pengelolaan JDIH Dalam Menghadapi Pemilu 2024


NEWS – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Waropen, Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia telah meluncurkan Jaringan Informasi dan Dokumentasi Hukum (JDIH) yang terintegrasi dengan JDIH Nasional pada Februari 2020 dan menerbitkan Perbawaslu Nomor 7 Tahun 2020 tentang JDIH Bawaslu. Sejumlah inovasi telah dilakukan Bawaslu diantaranya dengan peluncuran JDIH Mobile pada Tahun 2022 serta diadakannya Penganugerahan JDIH terbaik Bawaslu (JDIH Bawaslu Awards) bagi anggota JDIH tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Guna mengoptimalkan pengelolaan JDIH sekaligus mempersiapakan diri dalam mengikuti penilaian Penganugerahan JDIH Bawaslu Terbaik (JDIH Bawaslu Awards) pada Desember 2023 mendatang Bawaslu RI melaksanakan kegiatan “Rapat Kerja Teknis Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Bawaslu Tahun 2023 dalam Menghadapi Pemilihan Umum Tahun 2024” yang di gelar pada tanggal 31 Oktober s.d 1 November 2023 bertempat di Hotel Pullman Central Park Jakarta.

Kegiatan ini di hadiri Pejabat struktural dan Fungsional Bawaslu, Tenaga Ahli Bawaslu dan Staf pelaksana Bawaslu serta di ikuti 1 (satu) orang verifikator, 1 (satu) orang operator perwakilan 19 Bawaslu Provinsi dan 2 (dua) orang operator JDIH perwakilan 257 Bawaslu Kabupaten/Kota.

Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat, Agung Bagus Gede Bayu Indraatmaja dalam menyampaikan arahanya pada pembukaan Rapat kerja Teknis ini merupakan sarana untuk meningkatan kapasitas secara khusus dalam hal pembaharuan JDIH Bawaslu. “Diharapkan pengembangan JDIH Bawaslu akan semakin baik dan membawa manfaat yang luar biasa”, Ujarnya.

Pada hari pertama terdapat dua narasumber yaitu Kepala Pusat Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN), Nofli, dan Tim IT Kemenkumham, Muchtar Sani yang memberikan penjelasan mengenai Pengelolaan JDIH dalam Sudut Pandang Pusat JDIHN dan Update Pembaharuan Metadata Website JDIH Bawaslu. Kepala Pusat JDIHN, Nofli yang hadir sebagai pemateri pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Keberadaan JDIH Bawaslu dengan inovasinya sangatlah berperan penting dalam menyampaikan informasi dan penyebaran dokumen hukum yang diterbitkan Bawaslu

Dalam kegiatan juga dilakukan simulasi terkait Teknik Penulisan Abstrak beserta Teknis Pengelolaan Backend Website JDIH Bawaslu seperti pengunggahan, perubahan, take down, dan penghapusan.

 

Jurnalis dan Editor : MAHENDRA

Berita Terkait

Top